Hasil Survey Kepuasan Pelanggan

Dalam rangka memperbaiki kualitas pelayanan bagi pelanggan maka Politeknik STMI Jakarta memerlukan umpan balik dari pelanggan untuk menilai kualitas pelayanan. Umpan balik pelayanan dikumpulkan dari mahasiswa, dosen dan tenaga pendidik untuk mengetahui kepuasan terhadap kinerja dan pelayanan Politeknik STMI Jakarta.

Hasil Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Dosen

Hasil evaluasi dosen yang dilaksanakan berdasarkan survei terhadap mahasiswa didapatkan bahwa rata-rata kepuasan mahasiswa terhadap dosen adalah 3,39 dari skala 4 pada semester genap 2021/2022 dan naik ke angka 3,49 dari skala 4 pada semester ganjil 2022/2023.

 

 

Hasil Survei Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Politeknik STMI Jakarta Semester Genap Tahun Akademik 2021/2022

No Aspek dinilai Tingkat Kepentingan Tingkat Kepuasan GAP
1 Penataan eksterior dan interior gedung * 3.38 3.13 -0.25
2 Kenyamanan ruang kuliah * 3.5 3.23 -0.27
3 Kelengkapan dan kesiapan media perkuliahan * 3.48 3.21 -0.27
4 Penyediaan dan kelengkapan fasilitas ruang baca * 3.36 3.12 -0.24
5 Penyediaan dan kelengkapan fasilitas komputer * 3.52 3.26 -0.26
6 Kelengkapan isi Buku Panduan * 3.37 3.17 -0.2
7 Kelengkapan isi buku Pedoman Karya Akhir * 3.45 3.21 -0.24
8 Penampilan dan busana Dosen dan Karyawan * 3.4 3.34 -0.06
9 Penawaran mata kuliah yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja * 3.54 3.33 -0.21
10 Ketepatan jadwal kuliah * 3.5 3.29 -0.21
11 Ketepatan jadwal ujian * 3.53 3.33 -0.2
12 Obyektivitas penilaian hasil ujian * 3.48 3.31 -0.17
13 Ketepatan waktu pembagian KHS * 3.51 3.34 -0.17
14 Akurasi perhitungan IP dalam KHS * 3.53 3.34 -0.19
15 Kemampuan dosen memberikan bimbingan & konsultasi * 3.55 3.33 -0.22
16 Proses belajar mengajar yang interaktif * 3.54 3.32 -0.22
17 Kesederhanaan dan kelancaran prosedur administrasi * 3.51 3.3 -0.21
18 Kemudahan & kelancaran penggunaan fasilitas yg ada * 3.46 3.22 -0.24
19 Status Program Studi * 3.56 3.34 -0.22
20 Reputasi dan citra Program Studi anda di mata masyarakat * 3.5 3.28 -0.22
21 Jenjang pendidikan para Dosen * 3.49 3.39 -0.1
22 Jenjang pendidikan para Karyawan * 3.37 3.28 -0.09
23 Kemampuan Dosen dan Karyawan menjawab pertanyaaan Anda * 3.53 3.35 -0.18
24 Kemudahan menghubungi Dosen dan Karyawan * 3.51 3.26 -0.25
25 Keramahtamahan Dosen dan Karyawan * 3.53 3.33 -0.2
26 Pengenalan nama Mahasiswa oleh Dosen & Karyawan * 3.43 3.26 -0.17
27 Kemampuan Dosen Pembimbing memahami perilaku & kebutuhan Mahasiswa * 3.55 3.34 -0.21
Subtotal 3.48 3.28 -0.2

Hasil Kuesioner Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kinerja Politeknik STMI Jakarta Semester Ganjil Tahun Akademik 2022/2023

 

No Aspek dinilai Tingkat Kepentingan Tingkat Kepuasan GAP
1 Penataan eksterior dan interior gedung * 3.29 2.99 -0.30
2 Kenyamanan ruang kuliah * 3.41 3.06 -0.35
3 Kelengkapan dan kesiapan media perkuliahan * 3.38 3.06 -0.32
4 Penyediaan dan kelengkapan fasilitas ruang baca * 3.48 3.02 -0.46
5 Penyediaan dan kelengkapan fasilitas komputer * 3.46 3.08 -0.38
6 Kelengkapan isi Buku Panduan * 3.34 3.43 0.09
7 Kelengkapan isi buku Pedoman Karya Akhir * 3.42 3.47 0.05
8 Penampilan dan busana Dosen dan Karyawan * 3.38 3.49 0.11
9 Penawaran mata kuliah yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja * 3.61 3.5 -0.11
10 Ketepatan jadwal kuliah * 3.55 3.33 -0.22
11 Ketepatan jadwal ujian * 3.55 3.4 -0.15
12 Obyektivitas penilaian hasil ujian * 3.58 3.34 -0.24
13 Ketepatan waktu pembagian KHS * 3.59 3.53 -0.06
14 Akurasi perhitungan IP dalam KHS * 3.65 3.5 -0.15
15 Kemampuan dosen memberikan bimbingan & konsultasi * 3.55 3.53 -0.02
16 Proses belajar mengajar yang interaktif * 3.55 3.47 -0.08
17 Kesederhanaan dan kelancaran prosedur administrasi * 3.54 3.49 -0.05
18 Kemudahan & kelancaran penggunaan fasilitas yg ada * 3.52 3.42 -0.10
19 Status Program Studi * 3.64 3.47 -0.17
20 Reputasi dan citra Program Studi anda di mata masyarakat * 3.56 3.46 -0.10
21 Jenjang pendidikan para Dosen * 3.53 3.51 -0.02
22 Jenjang pendidikan para Karyawan * 3.51 3.47 -0.04
23 Kemampuan Dosen dan Karyawan menjawab pertanyaaan Anda * 3.5 3.51 0.01
24 Kemudahan menghubungi Dosen dan Karyawan * 3.59 3.45 -0.14
25 Keramahtamahan Dosen dan Karyawan * 3.62 3.37 -0.25
26 Pengenalan nama Mahasiswa oleh Dosen & Karyawan * 3.51 3.33 -0.18
27 Kemampuan Dosen Pembimbing memahami perilaku & kebutuhan Mahasiswa * 3.5 3.24 -0.26
Subtotal 3.51 3.37 -0.2

 

Dari hasil survey kepuasan mahasiswa 4 semester terakhir disajikan dalam diagram berikut:

 

Hasil Kuesioner Kepuasan Dosen terhadap Pelayanan Politeknik STMI Jakarta Tahun 2022

 

Hasil Kuesioner Kepuasan Pengguna Lulusan Wisuda Tahun 2021

Laporan Kepuasan Pelanggan Tahun 2022 secara lengkap dapat diakses disini

Laporan Kepuasan Pelanggan Tahun 2021 secara lengkap dapat diakses disini

Laporan Kepuasan Pelanggan Tahun 2020 secara lengkap dapat diakses disini.

Laporan Kepuasan Pelanggan Tahun 2019 dapat diakses disini
Laporan Kepuasan Pelanggan Tahun 2018 dapat diakses disini